by

Arjen Robben Putuskan Pensiun

Arjen Robben Putuskan Pensiun

Jemput Bola – Arjen Robben memutuskan untuk pensiun di usia 35 tahun sebagai pemain profesional. Pria asal Belanda itu gantung sepatu sehabis musim panas ini.

Robben meninggalkan Bayer Munich di musim panas ini. Sempat diprediksi akan lanjut bermain di klub lain, winger lincah itu rupanya memilih mengakhiri kariernya sebagai pemain.

“Saya memutuskan untuk mengakhiri karier saya sebagai pemain sepakbola profesional. Tak perlu dipertanyakan lagi, ini merupakan keputusan tersulit dalam karier saya…keputusan dari hati dan pikiran yang bertolak belakang,” tutur Robben, seperti dikutip Daily Mail.

Robben berkarier di sepakbola selama dua dekade. Dari mulai menimba ilmu di VV Bedum, klub lokal kampung halamannya pada 1989, pemain kidal itu kemudian melanglang buana ke berbagai klub raksasa Eropa.

Arjen Robben

Dari VV Bedum, Robben di rekrut Groningen pada 1996 dan dikontrak profesional sejak 2000. Dua tahun berselang, Robben pindah ke PSV Eindhoven, lau pindah ke Chelsea pada 2004. Tiga tahun di inggris, Robben kemudian berpetualang ke Spanyol dan bermain bersama Real Madrid sejak 2007.

Dua musim di Spanyol, Robben kemudian hijrah ke Bayern Munich pada 2009. Bersama raksasa Jerman itu, Robben menghabiskan sisa kariernya dan akhirnya pensiun 10 tahun berselang.

Di level klub, Robben sudah meraih 30 trofi dengan menjadi juara di Liga Belanda, Inggris, Spanyol, dan Jerman. Ia juga sempat menjuarai Liga Champions bersama Bayern Munich pada 2013.

Robben juga andalan di Timnas Belanda. Ia punya catatan 96 caps dan 37 gol. Prestasinya adalah membantu Tim Oranye menjadi runner up Piala Dunia 2010 dan merebut peringkat tiga di Piala Dunia 2014.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed